Minggu, 02 Februari 2020

SULAWESI TENGAH

 SULAWESI TENGAH

Gambaran Umum Sulawesi Tengah
        
Image result for sulawesi tengah
     
                                       
                                                                                                  Gambar: id.wikipedia.org

       Sulawesi Tengah (disingkat Sulteng) adalah sebuah provinsi di bagian tengah Pulau Sulawesi, Indonesia. Ibu kota provinsi ini adalah Kota Palu. Luas wilayahnya 61.841,29 km², dan jumlah penduduknya 3.222.241 jiwa.Provinsi Sulawesi Selatan terletak di 0°12' - 8° Lintang Selatan dan 116°48' - 122°36' Bujur Timur. Sulawesi Tengah memiliki wilayah terluas di antara semua provinsi di Pulau Sulawesi, dan memiliki jumlah penduduk terbanyak kedua di Pulau Sulawesi setelah provinsi Sulawesi Selatan.

       Gubernur Sulawesi Tengah adalah Drs. H. Longki Djanggola, M.Si. (lahir di Palu, Sulawesi Tengah, 11 November 1952; umur 67 tahun) adalah seorang politikus yang saat ini menjabat sebagai Gubernur Sulawesi Tengah, memulai masa jabatannya sejak 17 Juni 2011 dengan menggantikan Bandjela Paliudju yang mengakhiri periode jabatan kedua sebagai Gubernur Sulawesi Tengah.
Sumber: wikipedia

KONDISI GEOGRAFIS PROVINSI SULAWESI TENGAH

Batas-batas Provinsi Sulawesi Tengah adalah:

  •  Sebelah Utara berbatasan dengan Laut Sulawesi dan Provinsi Gorontalo.

  •  Sebelah Timur berbatasan dengan Provinsi Maluku dan Maluku Utara.

  •  Sebelah Selatan berbatasan dengan Provinsi Sulawesi selatan dan Provinsi Sulawesi     Tenggara.
  • Sebelah barat berbatasan dengan Selat Makassar dan Provinsi Sulawesi Barat. 
IKLIM DAN CUACA

      Dataran Kota Palu dikelilingi oleh pegunungan dan pantai. Peta ketinggian mencatat, 376,68 Km2 (95,34%) wilayah Kota Palu berada pada ketinggian 100 - 500 mdpl dan hanya 18,38 Km2 (46,66%) terletak di dataran yang lebih rendah. Kota Palu terletak di bagian Utara khatulistiwa, menjadikan Kota Palu sebagai salah satu kota tropis terkering di Indonesia dengan curah hujan kurang dari 1.000 mm per tahun.

Makanan Khas 
  1.  Duo Sale
  2. Uta Kelo ( Sayur Daun Kelor )
  3. Nasi Jagung
  4. Palumara
  5. Lalampa
  6. Labia Dange ( Sagu Dange )
  7. Milu Siram
  8. Onyop
  9. Saraba
  10. Kaledo
  11. Kapurung
 Sumber:tokopedia.com


  Potensi Wisata Di Sulawesi Tengah

1. Wisata Alam
Bukit Puncak Kayangan

               
                                           Gambar:wisatakita.com

       Wilayah Sombori terdiri dari beberapa pulau kecil yang sangat indah, salah satunya adalah Pulau Kayangan yang berada di Wilayah Sombori. Dari Kayangan inilah traveler bisa melihat gugusan pulau-pulau kecil yang begitu indah dan sangat memanjakan mata.


       Pulau kayangan mempunyai pantai pasir putih yang menghampar hingga setiap pulaunya, Air pantai yang dangkal berwarna biru dan jernih membuat Pulau ini layak untuk dikunjungi. Cahaya matahari yang mampu mebembus dasar laut bisa traveler lihat dengan mata telanjang. Ombak yang tidak besar membuat Pulau Kayangan tampak tenang dan tempat yang tepat untuk santai.
 

       Tentunya para traveler penasaran kenapa disebut dengan Pulau Kayangan? Sesuai dengan namanya, jika traveler berada di suatu bukit ini keindahannya akan menjadikan mata ini dimanjakan ketika melihat gugusan pulau dan seperti diatas langit. Pulau Kayangan memiliki tebing tinggi yang disebut dengan Bukit Kayangan. Bukit ini cukup tinggi, dengan ketinggian kurang lebih 30 meter dari permukaan laut.
 

       Ketika traveler menaikin bukit Kayangan tentunya harus berhati-hati. Tidak banyak kegiatan yang bisa dilakukan di Bukit Kayangan selain mendaki dan berfoto ketika berada diatas Puncak. Namun untuk menuju kesini harus memiliki fisik dan kehati-hatian yang tinggi, tidak direkomendasikan bagi traveler yang takut akan ketinggian.


       Traveler tidak perlu khawatir, ketika berada di puncak ketinggian lelah dan ketakutan selama pendakian akan berubah dengan senangnya hati dan mata ketika melihat indahnya Pulau Pulau sekitar Sombori dari Bukit Kayangan ini. 

  Pusat Laut Donggala

                          
                                                                                                Gambar:wisatakita.com

       Sulawesi Tengah, selain terkenal dengan destinasi nya yang unik mulai dari kepulauan, alam hingga bahari ternyata masih menyimpan satu obyek wisata yang bisa traveler kunjungi yaitu Pusat Laut Donggala. Wisata ini juga di klaim oleh masyarakat setempat merupakan satu-satunya yang ada di dunia.


       Donggala dengan wisata Pusat Laut Donggala ini berlokasi di wilayah Simbe, Desa Limboro, Kecamatan Banawa Tengah, Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah. Untuk menuju lokasi ini traveler cukup menggunakan kendaraan pribadi atau menyewa dari Kota Palu dengan perjalanan kurang lebih berjarak 45 Kilometer yang bisa ditempuh satu jam perjalanan darat.


       Donggala atau disebut dengan kawasan Pusat Laut Donggala memiliki sumur raksasa di kawasan pantai dengan diameter 10 meter dan kedalaman sekitar 7 meter. Sumur ini merupakan air laut yang mengumpul disuatu cekungan dengan warna sangat jernih kebirubiruan. Keunikan lainnya dari Donggala adalah airnya yang tidak pernah keruh meskipun digunakan untuk berenang dan menyelam olah para pengunjung. Jika traveler percaya, air laut ini diyakini oleh masyarakat Pulau Donggala mampu mengobati berbagai macam penyakit. Banyak pengunjung membawa pulang air pusat laut ini untuk dibawa pulang. 

Kepulauan Togean 

                            
                                                                                                     Gambar:wisatakita.com
       Kepulauan Togean, merupakan deretan pulau yang terdiri dari beberapa pulau diantaranya adalah Pulau Togian, Batudaka, Poat dan Waleabahi. Secara administrative Kepulauan Togean terletak di Teluk Tomini, Kabupaten Tojo una-una Sulawesi tengah yang mempunyai panjang pulau kurang lebih 90 kilometer.

       Kepulauan ini tentunya sangat indah dan patut untuk dikunjungi karena banyak sekali keindahan yang dimiliki, khususnya di perairan yang mengelilingi kepulauan Togean. Kepulauan Togean sendiri merupakan Taman Nasional yang terdiri dari dua ekosistem yaitu darat dan laut. Lokasinya yang sangat terpencil dan jauh dari kehidupan kaum urban merupakan daya tarik tersendiri dari para wisatawan untuk mengunjungi kepulauan yang terdiri dari enam pulau besar ini.

       Traveler bisa mengunjungi pulau ini dengan menikmati tiga jenis lingkungan karang yang berbeda-beda. Beberapa jenis karang tersebut adalah Karang Atol, Karang Barier dan Karang Pantai yang semuanya menjadi habitat dari flora dan fauna laut. Traveler juga bisa melihat danau yang dalam di tengah tengah karang atol yang merupakan pulau karang.

       Keindahan lainnya adalah adanya benteng yang berjejer dan mengelilingi pulau, sehingga melindungi pulau dari terjangan ombak laut. Benteng tersebut merupakan deratan karang yang terbentuk secara alami dan dinamakan Karang Barier.

       Tempat favorit lainnya yang bisa dijadikan destinasi di Kepulauan Togean adalah keberadaan Pulau Batudaka yang merupakan pulau terbesar . di Pulau Batudaka inilah terdapat sebuah desa  dengan nama desa Bomba dan desa Wakai. Di desa inilah terdapat pelabuhan dimana traveler bisa menyewa perahu untuk berkeliling keupulauan Togean. Selain itu di desa Bomba  juga terdapat pantai yang sangat cocok untuk aktifitas berenang maupun snorkeling. Tak jauh dari desa Bomba juga terdapat goa kelelawar yang bisa di kunjungi oleh para traveler.
Sumber:wisatakita.com

 Kepulauan Banggai
                              

                                                                                              Gambar:wisatakita.com

           Kabupaten Banggai atau Kepulauan Banggai merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Sulawesi Tengah yang beribukota di Salakan.  Kepulauan Banggai yang tercatat menyimpan 121 pulau ini merupaka salah satu destinasi wisata yang layak di kunjungi oleh para traveller. Disanalah traveller akan menikmati keindahan wisata bahari yang begitu alami, eksotis dan indah.

       Untuk menuju ke Kepulauan Banggai, traveller bisa melakukan perjalanan darat maupun menggunakan pesawat udara. Jika melakukan perjalanan darat bisa memakan waktu kurang lebih sekitar 15 jam atau 350 km perjalanan dari kota Palu menuju Luwuk.


       Setelah sampai di Luwuh, traveller harus melakukan penyebrangan menggunakan kapal Motor dengan perjalanan selama 3-4 jam, tergantung kondisi ombak di pantai. jika mempunyai dana lebih traveller juga bisa melakukan perjalanan udara langsung menuju Banggai.


       Setelah sampai di Banggai, disinilah traveller bisa menikmati suasana Kepulauan Banggai yang berada disana. Traveller bisa menggunakan beberapa fasilitas atau akomodasi seperti Hotel, sewa kendaraan yang ada disana.


       Traveller juga bisa menikmati beberapa aktivitas masyarakat asli kepulauan Banggai dengan berjalan di pesisir pantai dengan mengendarai becak, semilir angin pantai bisa traveller rasakan dengan menikmati indahnya lautan. Apalagi hal seperti ini dilakukan di waktu menjelang senja. Keindahan Pulau Banggai sangat eksotis untuk dinikmati.

 Pantai Labuana

              
                                                            Gambar:wisatakita.com

         Pantai Labuana merupakan kawasan pantai yeng memiliki dermaga kayu dan menjulur ke lepas pantai sepanjang 50 meter. Pantai ini merupakan surga tersembunyi yang berada di Sulawesi Tengah.

       Terletak sekitar 105 kilometer dari pusat Kota Palu, Propinsi Sulawesi Tengah, pantai ini tepatnya terletak di dua desa yang berdampingan, yaitu Desa Lambogia Kecamatan Balaesang dan Desa Lende tovea di Kecamatan Sirenja. Pantai Labuana menawarkan suasana yang sangat nyaman bagi siapapun traveller yang berkunjung ke pantai ini.


       Letak pantainya yang di sebuah teluk, membuat Pantai Labuana tidak mempunyai ombak yang terlalu besar, sehingga membuat suasana pantai tidak berbahaya dan tenang. Banyak traveller dari luar kota yang ingin menikmati Pantai Labuana ini dengan bermalam mendirikan tenda atau berkemah. Ada juga yang hanya tidur dengan menggunakan sleeping bag yang beratapkan langit serta bintang. Spot kemah di Pantai Labuana ada beberapa titik yang bisa digunakan tepatnya yang terletak di Desa Lende Tovea, suasana dan tanahnya yang landai, banyak sekali traveller yang memanfaatkannya untuk berkemah disini.
Sumber:wisatakita.com


Lembah Bada

              
                                                             Gambar:wisatakita.com

       Di Sulawesi tepatnya di wilayah Taman Nasional Lore Lindu terdapat beberapa keunikan tersendiri. selain sebagai tempat wisata sejarah jaman purba, kawasan ini juga di gunakan sebagai wilayah penelitian, destinasi tersebut di sebut dengan istilah Lembah Bada.

       Lembah Bada sendiri terletak di wilayah 145 km dari kota Poso, yang bisa ditempuh melalui perjalanan darat selama 5 jam melewati pegunungan yang berada di Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah. Lembah Bada ini merupakan bagian dari sejarah Suku Napu, Besoa dan Bada yang dulunya pernah menempati lembah ini.  Traveller pecinta petualangan akan sangat senang bila berada di Lembah Bada atau dikenal juga dengan sebutan Lembah Napu, karena lembah ini memiliki panorama indah. Disini terlihat hamparan savana yang luas sejauh mata memandang. Ditambah dengan banyak nilai-nilai sejarah dari lembah tersebut yang dapat digali dari daerah ini.
 

       Di Lembah Bada tersebut traveller akan menemui patung-patung yang berukuran besar yang tersebar di wilayah Lembah ini, masyarakat sekitar menyebutnya Patung Palindo, dalam bahasa setempat Palindo berarti Sang Penghibur.  Patung-patung tersebut diyakini sudah ada sejak abad ke 14.


       Disinilah para traveller bisa menyaksikan benda-benda peninggalan zaman prasejarah ini di sekitar Padang Sepe, Desa Bewa, Kecamatan Lore Selatan, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah. Selama ini, Lembah Bada memang lebih dikenal dengan peninggalan batu-batu megalitiknya. Selain peninggalan megalitik. Traveller juga bisa melihat masyarakat Bada menjalani tradisi yang sudah berlangsung lama yaitu pembuatan kain dari kulit kayu.
 Sumber:wisatakita.com

 2. Wisata Budaya

 Wisata Budaya Rumah Tradisional
 Banua Mbaso Palu

Image result for rumah tradisional banua mbaso

  Banua Mbaso atau yang lebih di kenal dengan sebutan Sou Raja yang artinya rumah besar atau rumah yang digunakan raja. Rumah Tradisional Banua Mbaso ini merupakan rumah tradisional untuk masyarakat Sulawesi Tengah yang diwariskan dari keturunan-keturaunan keluarga bangsawan suku Kaili.Konon katanya rumah ini dibangun oleh Raja Palu terdahulu yang bernama Raja Jodjokodi pada tahun 1892. Banu Mbasa merupakan tempat tinggal atau rumah kediaman yang tidak resmi untuk manggan ataupun Raja berserta keluarganya, terutama untuk yang tinggal di daerah pantai dan Kota.

 Jika anda berkunjung kesini anda akan melihat Rumah Tradisional Banua Mbaso yang dibangun oleh Raja Palu sekitar ratusan tahun yang lalu, hingga kini masih berdiri dengan kokoh dan juga masih terawat dengan baik. Rumah Tradisional Banua Mbaso dan sejenisnya bisa anda temukan di beberapa daerah yang ada di Provinsi Sulawesi Tengah.

Anda yang datang kesini akan bisa menyaksikan keunikan dan keartistikan Banua Mbaso yang merupakan peninggalan dari Raja Palu, anda pun bisa berfoto untuk mengabadikan momen anda jika berkunjung kesini.Sebaiknya jika anda kesini anda harus melihat seluruh ruangan yang ada di Banua Mbasa, karena setiap bangunan yang ada di Banua Mbaso memiliki keistimewaan tersendiri.

Sumber:anekawisatanusantara.blogspot.com

 Museum Sulawesi Tengah

Image result for museum di sulawesi tengah
                                                                   Gambar:id.wikipedia.org

  Jika sedang berada di kota Palu, mampirlah sejenak ke Museum Sulawesi Tengah. Museum yang terletak di Jalan Kemiri No 23, Kelurahan Kamonji, Kecamatan Palu Barat mempunyai koleksi yang terdiri dari benda-benda geologi, biologi, etnografi, arkeologi, histori, numismatic, filologi, keramik seni rupa, dan teknologi modern. Hanya dengan tiket masuk sebesar Rp 1.500 untuk anak-anak, Rp 3.000 untuk dewasa, dan Rp 10.000 untuk turis asing, pengunjung sudah bisa menikmati koleksi-koleksi museum yang berhubungan dengan sejarah dan budaya dari provinsi Sulawesi Tengah sendiri, Kain Tenun Donggala, pakaian adat tradisional dari semua kabupaten dan kota di Sulawesi Tengah, replika Patung Palindo yang menggambarkan nenek moyang orang Bada, serta Taingaja yang merupakan patung kepala kerbau yang terbuat dari perunggu adalah sebagian koleksi dari Museum Sulawesi Tengah yang berkaitan erat dengan provinsi tersebut.

       Selain menyimpan benda-benda yang berkaitan dengan sejarah dan budaya dari provinsi Sulawesi Tengah, museum ini juga mempunyai koleksi lain yang menjadi daya tarik bagi orang-orang yang berkunjung ke museum ini. Terdapat sebuah Al-Qur'an kuno raksasa berumur ratusan tahun yang ditulis dengan tangan dan benda-benda peninggalan dari masa kolonial dulu seperti berbagai macam senjata; keris dan meriam merupakan koleksi lain museum yang bisa dinikmati para pengunjung. Lokasi museum ini berada di tengah kota dan di sekitarnya terdapat berbagai macam fasilitas umum seperti hotel dan pusat perbelanjaan. Jangan lupa untuk mengunjungi museum yang juga mempunyai fasilitas perpustakaan ini ketika berkunjung ke kota Palu. Alangkah bermanfaatnya ketika waktu luang diisi dengan mengunjungi tempat yang selain dapat menambah wawasan, tapi juga menambah rasa cinta terhadap bangsa sendiri.

3. Wisata Buatan 
Jembatan Palu 

 Image result for jembatan palu
      Gambar:idntimes.com

 Salah satu objek wisata kota Palu yang merupakan ikon kota tersebut adalah Jembatan Palu yang membentang di atas teluk Talise yang tepatnya berada di kelurahan Besusu dan Lere. Dengan desain pencahayaan yang cantik, tempat wisata Palu satu ini paling pas dikunjungi saat malam hari.
 Sumber:tokopedia.com
Taman Nasional Lore Rindu

 Image result for taman nasional lore lindu
    Gambar:pesona.travel

   Destinasi wisata kota Palu terbaik selanjutnya yang bisa Toppers jelajahi adalah Taman Nasional Lore Rindu. Selain menyimpan keindahan alam dan juga rumah bagi burung Maleo, tempat ini juga menawarkan pesona dari situs megalitikum berupa ukiran-ukiran batu kuno yang sangat menarik.
 Sumber:tokopedia.com
Tugu Perdamaian
Image result for tugu perdamaian palu

       Tugu perdamaian atau dikenal juga dengan nama Tugu Nosarara Nosabatutu ini berada di ketinggian 1000 kaki di atas permukaan laut dan merupakan ikon lainnya dari kota Palu yang juga dikenal sebagai salah satu tempat wisata di Palu yang instagramable. Saking diminatinya tempat wisata Palu satu ini, pemerintah akan segera menambah berbagai fasilitas publik dan juga objek wisata lainnya di tempat ini.
 Sumber:tokopedia.com


 Something To Do
   Apakah sesuatu yang bisa kita lakukan jika berada di Sulawesi Tengah?
  1. Mendaki di Bukit Puncak Kayangan
  2.  Berenang dan menyelam di pulau dan pantai di Sulawesi Tengah contohnya di Pusat  Laut Donggala 
  3.  Menyewa perahu untuk berkeliling di Kepulauan Togean
  4.  Menginap dan menyewa kendaraan yang ada di sana
  5. Bermalam mendirikan tenda atau berkemah di pipir Pantai Labuana
  6.  Berfoto di tempat wisata yang ada di Sulawesi Tengah

Something To See
 Apakah sesuatu yang bisa kita lihat jika berada di Sulawesi Tengah ?
  1. Pemandangan keindahan gunung-gunung dan bukit
  2. Birunya lautan dan kepulauan
  3. Rumah adat dari Sulawesi Tengah yaitu Banua Mbaso
  4. Patung - patung bersejarah yang ada di museum dan Taman Nasional Lore Rindu
  5. Melihat desa desa yang ada di Kepulauan Togean
  6. Melihat Tugu Perdamaian dan melihat pemandangan dari ketinggian

Something To Buy
 Apakah sesuatu yang bisa kita beli jika berada di Sulawesi Tengah ?
  1.  Makanan Khas Sulawesi Tengah
  2.  Oleh oleh khas Sulawesi Tengah
  3.  Sarung Donggala
  4.  Olahan Daun Kelor
  5.  Kerajinan tangan kayu hitam
  6.  Kain khas Palu
  7.  Baju Khas Palu
 Sumber:tokopedia.com





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

  Menumbuhkan Rasa Bersyukur di Masa Pandemi   Pendidikan sebagaimana artinya yang mengacu pada pembelajaran, pengetahuan, keterampilan da...